...

Tuesday 11 November 2014

Pulau Sipora




Pulau Sipora merupakan pulau terkecil namun yang paling strategis dan memadai di kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Dibandingkan 4 pulau besar lainnya di Mentawai, posisi Pulau Sipora tepat berada di tengah-tengah antara Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu Tua Pejat. Pulau Sipora menjadi daya tarik wisata sebab di sekitarnya terdapat beberapa tempat wisata berselancar yang memukau. Waktu paling baik untuk mengunjungi Pulau Sipora demi selancar adalah bulan April hingga Oktober. Meski begitu, Anda tetap dapat menikmati gulungan ombak yang menantang di Pulau Sipora hampir sepanjang tahun. Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat dikenal sebagai destinasi wisata selancar, bahkan disebut memiliki ombak terbaik seperti yang ada di Hawaii. Salah satu ombak terbaik ini dapat ditemui di Pulau Sipora.

Pulau ini memiliki beberapa titik berselancar kelas dunia, Hollow Trees dan Lance’s Left yang berada di bagian ujung selatan pulau ini adalah di antaranya. Sejumlah titik berselancar yang tersohor lainnya berada di barat laut Pulau Sipora, yaitu di antaranya Telescopes, Iceland, and Scarecrows. Di barat laut Pulau Sipora, terdapat 2 jenis ombak terkenal lainnya. Telescopes adalah jenis ombak yang sangat panjang, semi hollow atau ombak bergulung dengan lubang di bagian tengah, dan nyaris sempurna untuk selancar. Banyak peselancar yang telah berselancar Telescopes mengakui bahwa ombak ini adalah  salah satu ombak terbaik di Indonesia. Telescopes yang tidak terlalu besar menantang Anda dengan jenis ombak berbentuk silinder yang cocok untuk peselancar tingkat menengah. Lokasi ombak Telescopes berada paling dekat dengan pusat pemukiman masyarakat di Tuapejat, yaitu sekira 5 km arah Barat

Untuk mencapai pulau kecil ini terdapat bandara udara di Pulau Sipora tetapi hanya untuk penerbangan charter. Selain itu, jalur yang lebih banyak dipilih untuk menuju Pulau Sipora adalah dengan naik perahu atau speed boat. Perahu biasanya akan menuju Pulau Siberut terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Sipora dan pulau-pulau lain di Mentawai. Perahu dari Padang ke Pulau Siberut akan berangkat pada hari Senin, Rabu dan Kamis (sekira Rp85.000,-). Pelayaran kembali ke Padang pada hari Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu. Mentawai Express melayani perjalanan dengan speed boat sekira 4 jam perjalanan menuju Pulau Siberut . Dengan biaya sekira Rp85.000,- pelayaran ini tersedia pada hari Kamis; jadwal kembali ke Padang adalah pada hari Jumat. Sumber Rezeki Baru melayani perjalanan menuju Pulau Siberut (malam hari) dengan kapal ferry dengan biaya sekira  Rp67.000,-. Jadwal pelayaran adalah pada hari Senin dan Rabu; jadwal kembali ke Padang adalah pada hari Selasa dan Kamis. Perjalanan dengan ferry dapat memakan waktu sekira 10 jam Mentawai Express, Sumber Rezeki Baru dan Beriloga menyediakan jasa perjalanan dari Pulau Siberut menuju pulau-pulau lainnya, termasuk Pulau Sipora 

Ada beberapa hal yang harus selalu Anda perhatikan jika Anda berlibur ke pulau kecil. Bawalah uang tunai cukup saat mengunjungi Pulau Sipora atau pulau-pulau lain di Kepulauan Mentawai. Hal ini dikarenakan tidak terdapatnya ATM di kepulauan tersebut. Bawalah juga bekal obat-obatan terutama obat malaria dan makanan ringan secukupnya. Ombak di Pulau Sipora hampir dapat diburu sepanjang tahun. Akan tetapi, waktu terbaik untuk selancar adalah bulan April hingga Oktober. Mengingat pelayaran menuju Sipora hanyalah pada jadwal-jadwal tertentu, pastikan Anda mengetahui jadwal tersebut sehingga dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik. Sebaiknya pesan penginapan dari jauh-jauh hari apalagi saat peak season seperti Natal dan Tahun Baru.

Selain sebagai tujuan para peselancar baik lokal maupun internasional memburu ombak-ombak besar, keindahan alam pulau cantik ini tak perlu diragukan lagi. Kondisi alam yang masih alami terjaga adalah juga tempat wisata rekreasi yang cocok bagi keluarga. Snorkeling, menyelam, atau sekedar bersantai di pantai menikmati pemandangan, ditemani kesiur angin yang sejuk, sambil menunggu Matahari tenggelam adalah daya tarik lain dari sebuah kawasan wisata bahari. Kegiatan fotografi juga menjadi sesuatu yang layak dan menarik dilakukan demi mengabadikan keindahan alam Mentawai.

No comments:

Post a Comment

Airplane